oleh

Dilematis Maraknya Penambang Illegal di Sepanjang Sungai Batanghari Jambi

POLISI NEWS, JAMBI – Maraknya tambang Ilegal di sepanjang Sungai Batanghari telah menjadi polemik dan dilematis. Di satu sisi merupakan mata pencaharian bagi warga untuk menghidupi keluarganya. Di sisi lain menimbulkan kekhawatiran masyarakat akan kerusakan lingkungan yang mengancam kehidupan warga.

Sebagaimana disinyalir beberapa media lokal dan Media Jambiprima.com bahwa aparat keamanan sering lakukan razia, namun kegiatan penambangan tidak pernah berhenti. Sehingga kesannya, razia dilakukan hanya sekedar merespons sesaat terhadap kritik. Kalau tidak ada kritik maka nyaman begitu saja.

Foto milikĀ  Jambiprima.com

Terjadinya hal demikian, menurut salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya menuturkan, karena adanya oknum yang bermain dan terlibat mencari berkah dalam usaha itu.

Dengan demikian, sudah saatnya instansi terkait memikirkan jalan keluarnya, sehingga penambang bisa melakukan aktivitas tanpa merusak lingkungan yang dikhawatirkan oleh masyarakat lainnya.

Pejabat dari Dinas ESDM Wilayah Jambi yang dikonfirmasi Polisi News mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan mekanisme perizinan pertambangan kepada para penambang. Ada lokasi yang dibolehkan melakukan aktivitas penambangan dan ada juga lokasi yang dilarang melakukan penambangan. Terlebih, jika wilayah yang diajukan tidak sesuai dengan RT-RW, makan Pemkab pun berhak untuk menolak,” tuturnya. @ Ikhsan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *