oleh

Kapolres Batanghari Jambi Terkesan Tutup Mata Terhadap Pertambangan Liar di Sepanjang Sungai Batanghari. Ada Apa Gerangan?

POLISI NEWS, JAMBI – Kapolres Batanghari Jambi terkesan tutup mata terhadap pertambangan liar tanpa izin atau Illegal Minning yang terjadi di sepanjang Sungai Batanghari. Padahal DPR dan Kapolri sudah tegas bahwa, pertambangan liar atau Illegal Minning merupakan kejahatan yang dapat dipidana. Hal ini diatur dalam Pasal 158 UU No 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Kegiatan Illegal Minning yang terjadi di Sungai Batanghari sudah berjalan sekian lama, dan para pelakunya tidak pernah disentuh hukum. Ada apa yaaa?.

Apakah karena ada sistem setoran kepada oknum-oknum tertentu atau memang luput dari pantauan aparat penegak hukum?

Hasil pantauan Polisi News bahwa terdapat ratusan tambang illegal yang beroperasi di lokasi tersebut. Dengan tenaga ahli yang sengaja didatangkan dari luar daerah.

Beberapa pengakuan dari pelaku yang berhasil dihimpun wartawan Polisi News, bahwa mereka sudah bekerja bertahun-tahun dengan omzet yang diperoleh setiap minggunya sekitar (Rp 100 – 200) Juta. Dengan cara bagi hasil yaitu (60%) untuk pemilik dan (40%) untuk pekerja. “Alhamdulillah dengan hasil itu sudah lebih dari cukup,” ujar pemilik tambang yang enggan ditulis jati dirinya.

Anggota DPR yang dikonformasi Polisi News berkaitan dengan Tambang Ilegal menuturkan, “masalah progres tentang penegakan hukum terhadap kegiatan penambangan tanpa izin (Illegal Minning) seakan tidak tersentuh aparat penegak hukum. Hal ini diperparah dengan tidak adanya data akurat menyangkut jumlah pasti mengenai Illegal Minning, serta luas wilayah yang dimanfaatkan dalam kegiatan tersebut. DPR akan mendesak Kapolri untuk menindak dan memproses para pelaku,” ucap Tamsil salah satu anggota DPR.

Kebijakan Kapolri tertuang dalam Quick Wins Polri atau dikenal dengan Langkah Inisiatif yang Mudah dan Cepat tidak mempedulikan silang pendapat dari beberapa kalangan tentang Illegal Minning. Kepolisian terus bergerak untuk memberantas Illegal Minning. Tetapi di Jambi kenapa dibiarkan?.

Berkaitan dengan itu, Polisi News belum berhasil mengontak Kapolres Batanghari, guna dimintai pendapatnya tentang maraknya pertambangan liar tersebut. (Tim Polisi News)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *