oleh

Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan di Wilayah Korem 063/SGJ

POLISI NEWS CIREBON – Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca, S.A.P, M.Han, mendampingi Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul menghadari acara Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan di Stadion Bima Jalan Brigjend Darsono By Pass Kota Cirebon, Senin (6/3/2023).

Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan yang dihadiri Watimpres RI Maulana Habib Luthfi bin Yahya, bertujuan Untuk memperkuat kesatuan dan persatuan serta membangkitkan kembali rasa cinta tanah air, terutama di wilayah Korem 063/SGJ, dan Forkopimda Ciayumajakuning. dengan tema “Satukan Visi Indonesia, Bersatu, Maju, Tangguh, dan Berdaulat dalam Bingkai NKRI.

Rute yang akan dilalui mulai dari Jl Siliwangi, Jl RA Kartini, Jl dr Cipto Mangunkusumo, Jl Pemuda, Jl Brigjen Dharsono dan berakhir di Stadion Bima. Kegiatan ikrar kebangsaan dan Ikrar NKRI ini adalah bagian penting dari demokratisasi, khususnya di wilayah Korem 063/SGJ.

Dalam sambutan tertulis Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul mengatakan, “kegiatan ini merupakan wujud kecintaan kepada NKRI dan tekad segenap elemen masyarakat, TNI, Polri, ormas, pemudaan, para ulama serta pelajar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 500 meter. Melalui kegiatan ini diharapkan, seluruh elemen akan semakin sinergi dalam meneguhkan prinsip cinta tanah air, Merah Putih sebagai lambang negara, sekaligus lambang harga diri dan merawat kebhinekaan dalam mempertahankan NKRI. Kegiatan ini diharapkan dapat menyatukan langkah, bersatu padu dan bersinergi, gotong-royong untuk membangun serta menjagakeselamatan Bangsa dan Negara, sehingga NKRI menjadi maju dan sejahtera, terutama dalam menyongsong Era Indonesia Emas 2045.”

“Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, dengan momentum ini semakin meningkatkan persatuan seluruh elemen masyarakat terutama masyarakat Cirebon. Dengan kegiatan ini, seluruh elemen semakin meneguhkan prinsip cinta tanah air. Nilai-nilai ke-Indonesiaan harus terus ditiupkan dan ditumbuhkan dalam diri setiap warga negara. Persatuan dan kesatuan harus terus dikuatkan untuk menangkal setiap rongrongan terhadap ideologi Pancasila.”

Pada Kesempatan yang sama Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca, SAP, MHan, menuturkan “disini kita berkumpul dalam rangka Kirab Merah Putih sebagai upaya menjaga kesatuan dan persatuan sebagai anak bangsa. Kita perlu menegakan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kita perlu meningkatkan sinergitas dan kebersamaan untuk membangun bangsa Indonesia yang kita cintai, Kegiatan ini perlu dilakanakan secara berkesinambungan agar kita dapat mencegah dari ancaman negara lain. kalau tidak sekarang kapan lagi kita akan berbuat, tuturnya.

Maulana Habib Luthfi bin Yahya, menyatakan, kita sebagai bangsa yang besar harus mencintai bangsa kita sendiri, menghormati para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raga. Mari kita kumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Mari kita saling merangkul dan jangan mencari kesempatan atau peluang yang tidak halal. Kemerdekaan yang kita dapat bukan hadiah tapi penuh perjuangan,” tuturnya @Budi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *