oleh

Model Pemilu Terbaik Paling Demokrstis dan Hemat Anggaran

MODEL PEMILU TERBAIK PALING DEMOKRATIS DAN HEMAT ANGGARAN

Oleh : NA. Haryokusumo Diatmodjo, Aktifis 98 Garis Putih, Pemerhati Politik dan Tata Negara dari Government  And Policy Institut_

Pemilu 1999 era presiden Habibie  contoh pemilu terbaik paling jujur dengan hemat anggaran hanya 1,9 trilyun. Patut dipatenkan jadi model pemilu Indonesia. Anggota Bawaslu dan KPU ada perwakilan dari parpol peserta pemilu yang positip bisa meminimalisasi kecurangan di internal KPU dan Bawaslu.

Keserakahan parpol besar yang ingin mempertahankan kekuasaan dengan arogan telah mengubah aturan pemilu seperti sekarang dengan pembatasan  presiden threshold dan parlemen threshold, ini jelas bertentangan dengan prinsip demokrasi dan UUD 1945.

Membatasi president dan parlement  threshold sama saja  menjerat leher partai sendiri karena suatu saat parpol besar bisa tidak laku dan berubah jadi parpol kecil terlempar dari senayan.
Ketika besar sebaiknya “ojo dumeh” dengan menindas dan menzolimi yang kecil. Pengembalian presiden dan parlemen threshold ke 0% demi keadilan demokrasi adalah jalan terbaik. (Bersambung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *