oleh

LH Gelar Festival Ekonomi Sirkular 2023, Pertama dan Terbesar di Indonesia

POLISI NEWS, JAKARTA – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbagai penggiat ekonomi sirkular menggelar Festival Ekonomi Sirkular (FES) 2023. FES 2023 dilaksanakan sebagai upaya mempertemukan antara pegiat usaha hijau dengan offtaker di Taman Menteng, Rabu-Kamis (26-27/7). Festival ini merupakan pertama dan terbesar di Indonesia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan bahwa “Festival Ekonomi Sirkular 2023 ini menjadi salah satu wadah untuk melengkapi pemahaman dan mendorong masyarakat untuk ikut terlibat aktif dalam gerakan ekonomi sirkular,” ujarnya.

Asep melanjutkan, *ekonomi sirkular merupakan pendekatan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dengan pertahankan nilai produk, bahan, dan sumber daya selama mungkin. Dalam konteks pengelolaan sampah,” ungkap Asep.

Di DKI praktik sirkular ekonomi daur ulang telah diwujudkan melalui praktik pengurangan sampah, desain ulang, penggunaan kembali, alias daur ulang.

Asep menegaskan, “jika diimplementasikan dengan baik, praktik ini dapat membantu mengurangi volume sampah dan mengurangi tekanan pada sumber daya alam karena sampah dapat dijadikan sebagai bahan baku daur ulang,” ungkap Asep.

Tidak bisa dipungkiri, penyebaran dan kesadaran terhadap konsep ini masih belum merata. Hal ini diperlukan aksi konkrit untuk lebih memperkuat kesadaran dan pemahaman masyarakat akan arti pentingnya ekonomi sirkular untuk mengurangi volume sampah yang sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

Untuk pertama kalinya juga, puluhan stand pameran dari elemen ekonomi sirkuler berbasis persampahan mulai dari pegiat maggot, pegiat Bank Sampah, pegiat Kompos, pegiat Ecoenzyme, UMKM Hijau, Kelompok Tani Hutan, Start Up, industri FMCG, offtaker, sampai lembaga keuangan, akan dipertemukan. Dengan momen ini, akan memberikan kesempatan bagi pelaku ekonomi sirkular untuk naik kelas.

Selain itu, Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai aktivitas menarik mulai dari talkshow bersama industri FMCG dan lembaga keuangan, sharing session dengan berbagai pihak untuk membahas kisah suksesnya dalam gerakan ekonomi sirkular, sampai lomba dan doorprize dengan total hadiah mencapai puluhan juta rupiah. @Sutarno

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *