oleh

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, SIK Bersama Waka Kompol Herman, SH Berhasil Jadikan Anggotanya Sebagai Panutan Masyarakat

POLISI NEWS, BIMA KOTA – Untuk mengetahui jalan tidaknya Implementasi Presisi Polri di wilayah hukum Polres Bima Kota, wartawan Polisi News turun langsung ke lapangan. Berkomunikasi dengan masyarakat, mencari tau bagaimana Babinkamtibmas dan pelayanan Polisi yang dirasakannya.

Beberapa polsek dan unit kerja lainnya juga didatangi. Misalnya Unit kerja layanan masyarakat, Reskrim, dan juga Humas. Terakhir Polisi News berkesempatan mengikuti acara bina iman (Binroh) di Masjid Polres Bima Kota.

Dari itu semua didapati sesuatu yang beda dari kebiasaan lama anggota Polri. Dengan demikian Presisi Kapolri bukan sekedar slogan, tetapi dapat dilaksanakan, walaupun masih ada riak-riak yang bikin masyarakat muak melihatnya. Sebut saja misalnya, masih nyamannya sabuk ayam dan balap liar di daerah tertentu.

Sebagaimana diketahui bahwa Presisi akronim dari Prediktif, Eesponsibilitas dan Transparansi Berkeadilan. Responsibilitas dan Transparansi berkeadilan yang menyertai pendekatan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat, tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, serta berkeadilan.

Di Polresta Bima Kota Implementasi Slogan Presisi Polri dirasakan telah banyak kemajuan. Anggota Polri mampu laksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, serta berkeadilan.

Guna mengetahui kinerja Unit Reskrim, Polisi News menumpang suatu kasus bertindak sebagai pendamping korban. Diikuti seluruh tahapan proses, mulai dari laporan, keterangan pelapor dan saksi, pemeriksaan terlapor. Kesemuanya berjalan sesuai harapan Presisi.

Tidak berhenti sampai di situ. Polisi News berkesempatan silaturrahim ke beberapa Polsek. Mereka melayani dengan baik dan humanis. Tidak ada lagi rasa angker dan kesan Polisi yang galak. Terlihat senyum ramah dan sapaan santun.

Terakhir Polisi News gabung dengan para anggota ikut Binroh di Masjid Polres, Kamis 16/11/2023. Di dalamnya terdapat Wakapolres yang khusu’ mendengarkan kajian Binroh.

Usai acara Polisi News bersalaman dengan Waka yang sebelumnya belum pernah kenal. “Komandan ikut ngaji juga?” tanya Polisi News. “Iya… Alhamdulillah kegiatan kami rutin setiap hari Kamis,” jawabnya. Polisi News pun duduk dan ngobrol bersamanya di tangga Masjid.

Di pojok kiri masjid ada beberapa anggota lagi ngobrol. Polisi News tersentak dengan suara yang tanya kepada kawannya, “sudah sholat duha belum?,” tanyanya. “Iyaa sekarang saya mau sholat,” jawab temannya.

Begitu malunya Polisi News mendengar saling ingatkan antara dua anggota tersebut. Betapa tidak?. Karena memang Polisi News yang jarang lakukan sholat duha dan kalah dengan anggota Polisi yang selama ini dianggap sepele dalam melaksanakan ibadah.

Akhirnya dalam hati mengatakan “begitu luar biasanya polisi-polisi sekarang”. Program Presisi Kapolri selain telah diimplementasikan juga menjadi habbyt para anggota di Polres Bima Kota. Begitu juga Kapolres AKBP. Rohadi, SIK bersama Wakapolres Kompol Herman, SH berhasil membimbing anggotanya menjadi Polisi panutan masyarakat. @Theo Wawo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *