oleh

Emak – emak Tipu Agen BRILink di Lampung Tengah

POLISI NEWS, LAMPUNG TENGAH – Seorang emak-emak menipu BRILink di Lampung Tengah hanya bermodalkan uang Rp 9 Ribu dan sebungkus roti. Kejadian itu dilakukan oleh SS (36) di Ruko BRILink Dusun VI Kampung Bumi Nabung Utara Lampung Tengah, Rabu (23/8/2023).

Kapolsek Rumbia Iptu Hairil Rizal mengatakan, emak-emak tersebut minta ditransfer uang Rp 700 ribu, lalu dia kabur dan meninggalkan uang receh plus sebungkus roti untuk korban. “Pelaku menipu korban dengan menaruh uang receh Rp 9 ribu dalam dompet, serta sebungkus roti seolah menjadi jaminan untuk korban,” kata Kapolsek saat dikonfirmasi, Jumat (22/12/2023).

Rizal menjelaskan, kejadian bermula pada Agustus lalu, di BRILink Berkah Abadi Kmpung Bumi Nabung Utara, Lampung Tengah. Kemudian pelaku SS yang beralamat Dusun 2 RT/RW 006/002, Tanjung Harapan, Kecamatan Seputih Banyak mendatangi BRILink tersebut sendirian.

Dengan mengendarai Honda Beat, SS meminta korban mengirim uang kepadanya. “Pelaku meminta korban mentransfer uang ke nomor HP 087762373884 sebesar Rp 700 Ribu,” kata Rizal.

Setelah pengiriman berhasil, SS seketika beralasan mau pergi sebentar. Pelaku pun meninggalkan dompet dan sebungkus roti di etalase. “Pelaku seolah meyakinkan korban dan berkata bahwa semua uangnya ada di dompet, dan dia berjanji bakal lembali lagi,” ujarnya.

Namun, pelaku tak kunjung kembali dan BRILink tersebut telah ditipu seorang IRT. Bagaimana tidak, setelah dompet dibuka, isinya hanya uang receh pecahan Rp 2 ribu sebanyak 4 lembar, dan pecahan seribu sebanyak 1 lembar.

Kejadian itu lalu dilaporkan ke Polsek Rumbia, dan pelaku SS ditangkap pada Kamis (21/12/2023). Polisi pun mengamankan barang bukti berupa selembar struk bukti transaksi sebesar Rp 700 Ribu, sebuah dompet, uang senilai Rp 9.000,- rincian uang pecahan sejumlah 4 lembar (Rp. 2.000), 1lembar (Rp.1000) dan 1 buah sari roti

“Emak-emak tersebut dijerat kasus penipuan Pasal 378 KUHPidana, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun,” pungkasnya. @ Harry Irawan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *