oleh

Nuraini S.PdI Guru PAUD Sanggrila Rite Ambalawi Bima : Kecerdasan Anak Dapat Dibentuk Sejak Usia Dini

POLISI NEWS, BIMA – PAUD Sanggrilah, Desa Rite Kec. Ambalawi Kab. Bima ber-rekreasi sekaligus melakukan kegiatan Parenting ke tempat rekreasi Bima Tirta di Ule Kota Bima. Parenting atau rekreasi anak-anak adalah kegiatan rutin PAUD Sanggrilah.

Nuraini Umar, S.PdI yang biasa disapa Nur, sebagai penanggung jawab PAUD tersebut, saat ditemui POLISINEWS di Bima Tirta menuturkan bahwa, mengadakan Parenting berpijak kepada Hadist tentang pendidikan anak.

Nur menyebutkan dua buah hadist  riwayat Tirmidzi yang intinya:
“Sesungguhnya keringat anak karena bermain akan menambah kecerdasannya ketika dewasa.”

Kemudian ia lanjutkan, “kegemaran, permainan dan kelincahan gerak seorang anak pada masa kecil akan mempertajam pemikirannya di masa dewasa,” ucap Nur.

Karenanya, PAUD Sanggrila bersama orang tua anak didiknya melakukan parenting secara rutin. “Kami sudah buktikan bahwa anak yang dipola sesuai hadist tersebut, Alhamdulillah kebanyakan cerdas,” tutur Nur.

Lebih lanjut Nur mengatakan bahwa ia pernah baca buku Imam Ghazali tentang perlakuan terhadap anak. “Seorang anak haruslah diijinkan bermain untuk kendurkan syarafnya. Melarang anak bermain dan menyibukannya dengan belajar terus, akan mematikan hatinya dan mengurangi kecerdasan otaknya, membuatnya jenuh, sehingga dia akan selalu mencari alasan untuk membebaskan diri dari keadaan yang menyesakkan itu,” terang Nur sambil melihat kegembiraan anak didiknya bermain, lari-lari dan luncur di kolam.

“Hendaknya kepada anak dibiasakan berjalan, bergerak dan berolah raga sehingga ia tidak dihinggapi penyakit malas,” pungkasnya. @ HMT.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *