oleh

Pemkot Mataram NTB, Berhasil Membentuk Karakter ASN-nya Sebagai Pelayanan Humanis

POLISI NEWS, MATARAM – Kaki melangkah masuki ruangan Bagian Umum Pemkot Mataram. Di sisi kanan pintu ada meja kerja seorang pegawai cantik, senyumnya ramah, pertanda sigap melayani keperluan masyarakat, tak terkecuali wartawan Polisi News yang ada keperluan pada hari Rabu 08/05/2024.

Pegawai cantik tadi, memahami bahwa setiap tamu pasti ada keperluan untuk dilayani dan dibantu. Ia bangun dari kursinya sambil berucap kepada Polisi News, “ada yang bisa kami bantu?,” tanyanya sambil senyum ramah.

Wartawan Polisi News yang dapatkan pelayanan sopan dan empatik begitu spontan, merasakan nyaman dan tenang. Setelah bersalaman secara Islami, Luluq pegawai tadi mempersilahkan untuk duduk.

Dengan ramah ia menanyakan kembali, “apa yang bisa kami bantu?” sahutnya lembut. Kemudian Polisi News kemukakan maksud tujuan yang intinya, terkait rencana pencetakan buku gratis untuk promosi NTB, kiranya Pemkot Mataram dapat ikut partisipasi untuk promosikan potensi daerahnya yang akan dimuat dalam buku yang akan dicetak.

Mendengar penjelasan tersebut, pegawai cantik yang bernama Luluq, langsung respon. “Akan saya disampaikan langsung kepada Mba Ariana Sekpri Walikota. Mbak Ariana orangnya baik banget pasti akan disampaikan kepada Wali,” ucap Luluq yakin.

Terucap dalam hati Polisi News “orang ini baik banget dan pintar. Kalau saja para pegawai mempunyai sikap tulus kaya gini, masyarakat pasti bangga dan senang,”

Karena sudah tahu, nama Luluq, Polisi News ungkapkan rasa puas sambil berucap, “saya dapatkan pelayanan yang ramah hingga nyaman dan senang. Mulai dari Sekuriti sampai di Bagian Umum ini, sangat luar biasa. Sebagai bentuk terimakasih akan ditulis, minimal menjadi contoh bagi ASN lainnya,” ucap Polisi News bangga.

Luluq kaget dan tidak menjawab terhadap ekspresi senang dari Polisi News. Karena itu Polisi News lalu perkenalkan diri bahwa profesinya penulis.

Sudah terbiasa bahwa untuk melengkapi suatu tulisan, harus butuhkan foto. Bagaimana cara cari akal, agar mereka bersedia difoto. Ternyata berhasil, hingga mereka mau untuk diambil gambarnya.

Karena telah akrab, mereka pun tidak sungkan berfoto sambil bergaya kaya ABG. Padahal awalnya mereka menolak, apalagi orang yang mau ambil fotonya belum dikenal. Namun ternyata mereka bisa bersahabat dan berinteraksi dengan siapapun.

Selamat untuk Pemkot Mataram. Telah berhasil membentuk karakter ASN di lingkungannya menjadi pelayanan masyarakat yang ramah dan excellent. @HMT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *