oleh

Sekian Kapolres Bima Kota Sebelumnya Terkesan Tutup Mata Terhadap Penambang Emas Tanpa Izin di So Desa Pesa Kecamatan Wawo

POLISI NEWS, BIMA – Kapolres Bima Kota terkesan tutup mata terhadap Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) atau Illegal Minning di wilayah Desa Pesa Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

Sementara Kapolri telah tegas menekankan, bahwa Pertambangan Ilegal atau Illegal Minning merupakan kejahatan yang dapat dipidana. Hal ini diatur dalam Pasal 158 UU No 3 tahun 2020 tentang Pertambangan.

Kegiatan Illegal Minning di So bagian selatan, Desa Pesa sudah berjalan sekian tahun, dan para pelaku tidak pernah disentuh hukum.
Ada apakah gerangan…?

Padahal dampak dari penambangan yang menggunakan bahan kimia telah banyak memakan korban, di antaranya 8 ekor sapi milik warga yang minum air limbah mengalami mati mendadak. Belum lagi pengaruh lain yang berdampak pada lingkungan dan ekosistem.

Kesan dibiarkannya hal tersebut, ternyata karena adanya sistem setoran kepada oknum tertentu, sehingga para penambang aman tidak tersentuh hukum. Dari sumber Polisinews menuturkan, “mereka aman beroperasi, karena ada sistem setor, padahal akibat penambangan itu, telah banyak korban manusia dan juga hewan. Oleh karena itu masyarakat berharap, pada Kapolres yang baru ini dapat diberantas dan diproses para pelaku,” harap sumber yang enggan dituliskan namanya

Hasil investigasi Polisinews, setiap tambang memiliki gelondong menggunakan bahan kimia untuk memisahkan emas dari lumpur.

Lumpu-lumpur sisa, masih bisa dijual kepada pemilik Tong. Pengolahan pada Tong ini lebih dahsyat lagi menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi makhluk hidup.

Polisi News menemukan, dua buah Tong di lokasi penambangan Desa Pesa. Dengan tenaga ahli yang rata-rata datang dari luar daerah.

Pengakuan seorang tenaga ahli kepada wartawan Polisi News, bahwa mereka sudah bekerja sekian tahun sebagai penambang. “Setiap minggu bisa dapatkan puluhan juta rupiah. Hasil itu dibagi secara adil. Karena hasilnya lumayan sehingga kami betah,” ujar pekerja yang enggan perkenalkan jati dirinya.

Berkaitan dengan penanganan Tambang Ilegal, Kapolri tegaskan. Masalah penegakan hukum, Kapolri akan menindak para pelaku dan para oknum aparat yang terlibat di dalamnya.

Dalam Quick Wins Polri atau dikenal Langkah Inisiatif Mudah dan Cepat tentang Illegal Minning. Kepolisian terus bergerak untuk berantas Illegal Minning. Tetapi di Bima khususnya Wawo kenapa terkesan dibiarkan ?.

Berkaitan dengan itu, Polisi News belum mendapatkan tanggapan dari Kapolres Bima Kota yang baru, tentang Pertambangan Ilegal di Wawo. @Tim Polisinews. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *