oleh

Semut, Laba-Laba, dan Lebah. Beda Karakter. Sebagai Cermin Diri

Semut, Laba-Laba, dan Lebah. Beda Karakter. Sebagai Cermin Diri

Tentu pasti kenal akan Semut, Laba-laba dan Lebah. Hewan ini berbeda tipe dan karakter dalam menjalani hidup. Penulis analogikan tipe itu dengan kecenderungan manusia pada umumnya.

Semut adalah hewan kecil yang tidak berarti bagi manusia. Hewan ini rajin, ulet, setia kawan tinggi. Saking uletnya, mereka kerja siang malam kumpulkan makanan, bisa menjadi cadangan untuk puluhan tahun, padahal usia mereka amatlah singkat.

Banyak manusia seperti tipe semut. Banting tulang, siang malam, tanpa kenal lelah. Ibadah pun terkadang lalai. Harta yang dikumpulkan seakan menjadi bekal yang akan dibawa hingga hari akhirat. Padahal kalau tidak diamalkan akan menjadi bumerang bagi dirinya.

Kemudian ada hewan laba-laba.
Karakter laba-laba sangat detail dalam hal mendirikan rumah, namun rapuh. Rumahnya itu sekaligus berguna untuk menjerat mangsa dan musuh. Laba-laba dikenal kejam dan bengis. Pasangannya akan dilahap. Anaknya sendiri tidak lepas diterkamnya.

Diibaratkan manusia, tipe laba-laba adalah manusia bengis, penuh intrik. Menggunakan cara-cara tidak terpuji dalam jatuhkan lawan. Baik lawan bisnis, politik, dan lawan lainnya. Ibaratnya bagi mereka, tidak ada pasangan yang abadi, tidak ada anak yang hakiki, tidak ada rekan yang sejati. Semua dilibas untuk puaskan ambisi.

Selain itu, ada hewan namanya Lebah. Lebah identik dengan yang baik-baik. Mereka membuat sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon, di dekat manusia. Lebah adalah hewan yang ulet, rajin dan banyak harta. Ia makan sesuatu yang baik, dan mengeluarkan yang baik serta berguna bagi makhluk lainnya.

Banyak manusia bertipe Lebah, selalu berusaha untuk mencari makanan, minuman dan harta yang halal. Ketika menghasilkan sesuatu, selalu berguna bagi kemaslahatan.

Lebah patuh pada aturan. Selalu kompak dan solider. Mereka akan terusik ketika kawanannya diganggu. Produk dari mereka adalah sesuatu yang menyembuhkan, menggairahkan, dan membuat energi termotivasi. Itulah Lebah. @Theowawo.