oleh

Sekelumit Silsilah Untuk Mengenal Siapa Londor-Maim Keluarga Kita

Sekelumit Silsilah Untuk Mengenal Siapa Londor-Maim Keluarga Kita

Maisyah alias Wa’i Ma memiliki saudara kandung sebanyak 4 orang yaitu Ompu HAMU Ompu DINA, Ompu SARI dan Ompu ARA.

Orang tua mereka namanya Ompu HAWA. Ompu Hawa ini dikenal orangnya tegas alias TOKU, tapi hatinya baik dan suka menolong orang-orang yang susah. Tidak banyak diceritakan Umi tentang kakeknya tersebut, hanya tabiat dan sifatnya pemurahnya saja.

Maisyah sangat disayang oleh orang tua dan saudara-saudaranya. Karena selain hanya satu-satunya wanita, ia sangat cantik dan hidungnya mancung.
Kata Umi, mirip Umi Fau orang tuanya Boy.

Cerita dari sumber lain, termasuk dari cerita Abu, karena cantiknya itu, sehingga Maisyah menjadi incaran banyak pemuda di desanya.

Sahid (Ompu Ma) termasuk yang tergila-gila ingin dapatkan Maisyah. Karena itu ia berusaha semaksimal mungkin, termasuk mencari ILMU SIWE hingga pergi sampai ke Tolo-Uwi Kecamatan Monta dekat laut Selatan.

Untuk sampai di tempat itu harus berjalan kaki dua-tiga hari. Karena semangatnya pemuda Sahid melakulan itu dan mendapatkan orang pintar di Tolo-Uwi.

Menurut cerita Abu Tua, sepulang dari Tolo-Uwi Sahid sangat PD dan bergaya necis, terapkan ilmunya mengambil hati sang pujaan. Dan benar saja Sahid alias Ompu Ma berhasil persunting Maisyah sebagai istri.

Ompu Ma, ini dikenal pemuda yang malas. Dia hanya senang bergaya dan bersolek, dengan pakaian rapi, tapi malas untuk bekerja sebagai petani seperti umumnya pemuda-pemuda lain.

Perawakan dan wajah Sahid alias Ompu Ma, orangnya bersih dan tinggi, mirip Abdul Malik alias Guru Melo. Kebetulan saat usia tuanya saya sempat melihat karena Umi yang rawat beliau.

Kembali kepada adik kakak dari Maisyah.

1. Ompu Hamu, mempunyai anak 5 orang yaitu: Abu Dara, Ama Hama Sumbi, Abu Fata (kakeknya) Sidik dari Ibu, Umi Sale (Uminya) H. Samsi, Umi Hani dan Ina Juki.

2. Ompu Sari, mempunyai anak 4 orang yaitu : Ama Siti Sana, Ina Siti, Ina Dia, dan Ina Usu.

3. Ompu Dina mempunyai anak 3 orang yaitu : Umi Dina, Ina Usu orang tuanya H. Duru, dan Ama Jaka, orang tuanya Guru Jeho.

4. Ompu Ara mempunyai 5 orang anak yaitu : Ina Ara, Ina Asma, Ina Mi, Ina Deno, Sa’a, dan Ama Beko.

Maisyah meninggal saat Umi-ku masih kecil dan baru Umi Salmah yang sudah menikah.

Ada cerita menarik dialami oleh Bobo alias Ina Rata saat masih kanak-kanak. Dia diculik oleh penjahat, saat orang tuanya mandi di kali. Dia disuruh main sendiri di sekitar itu.

Begitu orang tuanya abis mandi, si Bobo sudah tidak ada, semuanya langsung panik, bergegas mencarinya. Si Bobo berhasil ditemukan, diletakan oleh penculik di alang-alang berduri.

Pada zaman itu, ada mitos, entah benar atau tidak, bahwa untuk membuat sebuah Jembatan atau DAM agar kuat harus ditanam kepala manusia. Karena itu orang jahat berusaha cari kepala manusia untuk ditanam dalam pondasinya.

Alhamdulillah si Bobo selamat, karena ada yang bercerita sesudah kejadian, bahwa penculik saat membawa si Bobo, matanya langsung buram tidak bisa melihat, sehingga si Bobo diletakkan begitu saja di semak berdiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *